Welcome to thekideo.blogspot.com


Minggu, 16 Oktober 2011

Rukun Islam

      Rukun Islam merupakan dasar penting bagi  umat Islam untuk mencapai keridhoan Allah swt. Karena kalau mengaku seorang muslim harus bisa mengerjakan rukun Islam ini. kalau tidak bisa Islamnya perlu di pertanyakan tuh, he he he. Rukun Islam itu ada lima perkara, kalian mau tahu apa-apa saja. baiklah kita mari kita baca.


1.  Mengucapkan Dua kalimat Syahadat
     Dua kalimat Syahadat berarti ada dua kalimat yang haru kita ikrarkan dalam hati. Pertama asyhadu an-laa ilaaha illallaah yang artinya tiada tuhan selain Allah, makna kita harus yakin bahwa tiada tuhan selain Allah swt karena dia yang mencipkan alam semesta ini. Kedua wa asyhadu anna muhammadan rasuulullaah artinya Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah, makna kalimat ini adalah kita akin bahwa Muhammad saw adalah utusan Allah dan kita adalah umatnya. Sudah tahukan, terus bagaimana kita menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. mudah saja kerjakan semua perintah allah dan jauhi larangannya, dan yang penting juga mengikuti sunnah Rasululah saw karena yang saya tahu dengan mengikuti sunah Rasululah saw kita sudah menerapkan hidup sehat. Hebatkan Islam.



Kalimat Satu :  asyhadu an-laa ilaaha illallaah


Kalimat Dua : wa asyhadu anna muhammadan rasuulullaah

2.   Shalat


   Shalat    merupakan    tiang   agama   islam, jadi  kokohnya    Islam    terdapat    pada  Sholat   kita. kalau  umat  islam  tidak  baik sholatnya maka  tiang-tiang  Islam  sudah  mulai  runtuh. Jadi  sebagai umat Islam kita  harus   mempertahahankan  tiang-tiang   ini   agar   tidak   roboh. bagaimana  caranya, yang  pasti  dengan  Sholat  Wajib  seperti  Sholat  Subuh,    Sholat    Dhoror,        Sholat    Ashar,    Sholat   Magrib,   dan Sholat   Magrib    dan  jangan    lupa   juga  sholat sunnah seperti sholat Tahajud dan Shalat Dhuha ya.


3. Zakat
    Zakat  adalah  pembersih  harta  kita, bagaimana   caranya. yaitu   memberi   sesuatu   kepada orang   yang membutuhkan. Zakat itu ada dua yaitu sebagai berikut.




a. Zakat yang wajib dikeluarkan muslim menjelang Idul Fitri pada bulan Ramadan. Besar zakat ini setara dengan 3,5 liter (2,5 kilogram) makanan pokok yang ada di daerah bersangkutan.
b. Zakat Maal yang di keluar berdasarkan hasil perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, harta temuan, emas dan perak. arti kalau ada keuntungan dari pekerjaan-perkerjaan diatas di wajibkan membayar zakat Maal.
Pasti Kalian bingung diberikan kepada siapa Zakat-zakat ini. Nah Ada delapan pihak yang berhak menerima zakat, yakni:
  1. Fakir - Mereka yang hampir tidak memiliki apa-apa sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok hidup.
  2. Miskin - Mereka yang memiliki harta namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar untuk hidup.
  3. Amil - Mereka yang mengumpulkan dan membagikan zakat.
  4. Mu'allaf - Mereka yang baru masuk Islam dan membutuhkan bantuan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan barunya
  5. Hamba sahaya yang ingin memerdekakan dirinya
  6. Gharimin - Mereka yang berhutang untuk kebutuhan yang halal dan tidak sanggup untuk memenuhinya
  7. Fisabilillah - Mereka yang berjuang di jalan Allah (misal: dakwah, perang dsb)
  8. Ibnus Sabil - Mereka yang kehabisan biaya di perjalanan.
Sudah tahukan inilah rukun Islam yang kelima. jadi rajin-rajinlah megeluarkan Zakat agar Allah pun senang melihat kita.

4.Berpuasa Pada bulan Ramadhan
   Bulan  Ramadhan  adalah  bulan  yang  penuh  dengan keberkahan, kalian tahu kenapa di bulan ini Al-quran di turunkan, dimana nabi kita Muhammad saw menag dalam peperangan dan dimana allah mengampuni kesalahan-kesalan hamba-hambanya. Nah di bulan ini kita di wajibkan puasa ya itu menahan makan dan minum mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan niat.

5. Pergi Haji bagi yang Mampu
    Pergi  Haji  bagi  yang   mampu, mampu   disini   artinya  orang   memiliki   uang  lebih , tubuh    yang    kuat, dan memiliki   pengetahuan  yang  cukup. barang siapa yang  memiliki  ketiga  ini   sangat di    wajibkan    melaksanakan   haji     mematuhi karena  melihat  banyak sekali  karunia  yang diberikan allah padanya. Kegiatan inti ibadah  haji  dimulai  pada  tanggal 8 Zulhijah. haji dimaksudkan datang mengunjugi tanah suci dan melaksanakan ibadah-ibadah yang diajurkan Allah swt.
Berikut adalah kegiatan utama dalam ibadah haji berdasarkan urutan waktu:
  • Sebelum 8 Zulhijah, umat Islam dari seluruh dunia mulai berbondong untuk melaksanakan Tawaf Haji di Masjid Al Haram, Makkah.
  • 8 Zulhijah, jamaah haji bermalam di Mina. Pada pagi 8 Zulhijah, semua umat Islam memakai pakaian Ihram (dua lembar kain tanpa jahitan sebagai pakaian haji), kemudian berniat haji, dan membaca bacaan Talbiyah. Jamaah kemudian berangkat menuju Mina, sehingga malam harinya semua jamaah haji harus bermalam di Mina.
  • 9 Zulhijah, pagi harinya semua jamaah haji pergi ke Arafah. Kemudian jamaah melaksanakan ibadah Wukuf, yaitu berdiam diri dan berdoa di padang luas ini hingga Maghrib datang. Ketika malam datang, jamaah segera menuju dan bermalam Muzdalifah.
  • 10 Zulhijah, setelah pagi di Muzdalifah, jamaah segera menuju Mina untuk melaksanakan ibadah Jumrah Aqabah, yaitu melempar batu sebanyak tujuh kali ke tugu pertama sebagai simbolisasi mengusir setan. Setelah mencukur rambut atau sebagian rambut, jamaah bisa Tawaf Haji (menyelesaikan Haji), atau bermalam di Mina dan melaksanakan jumrah sambungan (Ula danWustha).
  • 11 Zulhijah, melempar jumrah sambungan (Ula) di tugu pertama, tugu kedua, dan tugu ketiga.
  • 12 Zulhijah, melempar jumrah sambungan (Ula) di tugu pertama, tugu kedua, dan tugu ketiga.
  • Sebelum pulang ke negara masing-masing, jamaah melaksanakan Thawaf Wada' (thawaf perpisahan)
Inilah Rukun Islam wajib kita kerjakan karena ini yang menandakan bahwa kita umat islam. Baiklah sekian dulu ya, semoga tulisannya bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar